PENGERTIAN
MANAGEMENT DAN POACE
Dibuat Oleh
Helena Sahusilawane
NIM K 111 11 626
JURUSAN BIOSTATISTIK PEMINATAN KESPRO
FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT
UNIVERSITAS HASANUDDIN
PENGERTIAN MANAJEMEN
Manajemen
berasal dari kata "to manage" yang berarti mengatur, mengurus
atau mengelola. Banyak definisi yang telah diberikan oleh para ahli terhadap
istilah manajemen ini. Namun dari sekian banyak definisi tersebut ada satu yang
kiranya dapat dijadikan pegangan dalam memahami manajemen tersebut, yaitu : Manajemen
adalah suatu proses yang terdiri dari rangkaian kegiatan, seperti perencanaan,
pengorganisasian, penggerakan dan
pengendalian/pengawasan, yang dilakukan untuk menentukan dan mencapai tujuan yang telah
ditetapkan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya.
Sedangkan pengertian menurut ahli-ahli
yang lain adalah sebagai berikut :
1. Menurut Horold Koontz dan Cyril O'donnel
:
Manajemen adalah usaha untuk
mencapai suatu tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain.
2. Menurut R. Terry :
Manajemen merupakan suatu
proses khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian
yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan
sumberdaya manusia dan sumberdaya lainnya.
3. Menurut James A.F. Stoner :
Manajemen adalah proses
perencanaan, pengorganisasian dan penggunakan sumber daya organisasi lainnya agar mencapai
tujuan organisasi yang
telah ditetapkan.
4. Menurut Lawrence A. Appley :
Manajemen adalah seni
pencapaian tujuan yang dilakukan melalui usaha orang lain.
5. Menurut Drs. Oey Liang Lee :
Manajemen adalah seni dan
ilmu perencanaan,
pengorganisasian, penyusunan, pengarahan dan pengawasan dari pada sumber daya manusia untuk mencapai tujuan
yang telah ditetapkan.
PENGERTIAN POACE
Secara
umum, dunia manajemen menggunakan prinsip P.O.A.C. atau Planning,
Organizing, Actuating, dan Controlling.
1.
Proses
perencanaan (Planning)
Perencanaan adalah proses menetapkan sasaran atau tujuan dan tindakan yang
perlu untuk mencapai tujuan(goal) tersebut.
2. Organizing (Organisasi)
Organisasi adalah: proses mempekerjakan dua orang atau lebih
untuk bekerjasama dalam cara terstruktur guna mencapai sasaran specific atau
beberapa sasaran dalam kata lain mengalokasikan pekerjaan, wewenang, dan sumber
daya di antara anggota organisasi, sehingga mereka dapat mencapai tujuan
mereka.
3. Actuating (Pelaksanaan)
Actuating adalah proses mengarahkan dan
mempengaruhi aktivitas atau memotivasi karyawan yang berkaitan dengan pekerjaan
dari anggota kelompok atau seluruh organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
4. Controlling (Pengendalian)
Pengendalian adalah: suatu proses untuk memastikan bahwa
aktivitas sebenarnya sesuai dengan aktivitas yang direncanakan dalam arti
seorang manajer harus yakin bahwa
tindakan yang dilakukan oleh anggota organisasi benar-benar menggerakkan
organisasi kearah tujuan yang telah dirumuskan. Ini adalah fungsi pengendalian
manajemen,dan melibatkan berbagai elemen menetapkan
standar prestasi kerja, mengukur
prestasi saat ini, membandingkan
prestasi ini dengan standar yang telah ditetapkan dan mengambil tindakan korektif bila ada deviasi
yang dideteksi.
5.
Evaluation (Pengendalian)
Evaluasi adalah tindakan yang dilakukan untuk melihat
sejauh mana tujuan organisasi yang telah ditetapkan telah tercapai atau tidak,
sehingga bisa dilakukan penilaian untuk dilakukan tindakan perbaikan
PENGERTIAN
MANAGEMENT DAN POACE
Dibuat Oleh
Helena Sahusilawane
NIM K 111 11 626
JURUSAN BIOSTATISTIK PEMINATAN KESPRO
FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT
UNIVERSITAS HASANUDDIN
PENGERTIAN MANAJEMEN
Manajemen
berasal dari kata "to manage" yang berarti mengatur, mengurus
atau mengelola. Banyak definisi yang telah diberikan oleh para ahli terhadap
istilah manajemen ini. Namun dari sekian banyak definisi tersebut ada satu yang
kiranya dapat dijadikan pegangan dalam memahami manajemen tersebut, yaitu : Manajemen
adalah suatu proses yang terdiri dari rangkaian kegiatan, seperti perencanaan,
pengorganisasian, penggerakan dan
pengendalian/pengawasan, yang dilakukan untuk menentukan dan mencapai tujuan yang telah
ditetapkan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya.
Sedangkan pengertian menurut ahli-ahli
yang lain adalah sebagai berikut :
1. Menurut Horold Koontz dan Cyril O'donnel
:
Manajemen adalah usaha untuk
mencapai suatu tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain.
2. Menurut R. Terry :
Manajemen merupakan suatu
proses khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian
yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan
sumberdaya manusia dan sumberdaya lainnya.
3. Menurut James A.F. Stoner :
Manajemen adalah proses
perencanaan, pengorganisasian dan penggunakan sumber daya organisasi lainnya agar mencapai
tujuan organisasi yang
telah ditetapkan.
4. Menurut Lawrence A. Appley :
Manajemen adalah seni
pencapaian tujuan yang dilakukan melalui usaha orang lain.
5. Menurut Drs. Oey Liang Lee :
Manajemen adalah seni dan
ilmu perencanaan,
pengorganisasian, penyusunan, pengarahan dan pengawasan dari pada sumber daya manusia untuk mencapai tujuan
yang telah ditetapkan.
PENGERTIAN POACE
Secara
umum, dunia manajemen menggunakan prinsip P.O.A.C. atau Planning,
Organizing, Actuating, dan Controlling.
1.
Proses
perencanaan (Planning)
Perencanaan adalah proses menetapkan sasaran atau tujuan dan tindakan yang
perlu untuk mencapai tujuan(goal) tersebut.
2. Organizing (Organisasi)
Organisasi adalah: proses mempekerjakan dua orang atau lebih
untuk bekerjasama dalam cara terstruktur guna mencapai sasaran specific atau
beberapa sasaran dalam kata lain mengalokasikan pekerjaan, wewenang, dan sumber
daya di antara anggota organisasi, sehingga mereka dapat mencapai tujuan
mereka.
3. Actuating (Pelaksanaan)
Actuating adalah proses mengarahkan dan
mempengaruhi aktivitas atau memotivasi karyawan yang berkaitan dengan pekerjaan
dari anggota kelompok atau seluruh organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
4. Controlling (Pengendalian)
Pengendalian adalah: suatu proses untuk memastikan bahwa
aktivitas sebenarnya sesuai dengan aktivitas yang direncanakan dalam arti
seorang manajer harus yakin bahwa
tindakan yang dilakukan oleh anggota organisasi benar-benar menggerakkan
organisasi kearah tujuan yang telah dirumuskan. Ini adalah fungsi pengendalian
manajemen,dan melibatkan berbagai elemen menetapkan
standar prestasi kerja, mengukur
prestasi saat ini, membandingkan
prestasi ini dengan standar yang telah ditetapkan dan mengambil tindakan korektif bila ada deviasi
yang dideteksi.
5.
Evaluation (Pengendalian)
Evaluasi adalah tindakan yang dilakukan untuk melihat
sejauh mana tujuan organisasi yang telah ditetapkan telah tercapai atau tidak,
sehingga bisa dilakukan penilaian untuk dilakukan tindakan perbaikan
Makasih sob materi manajemen'a.. Bagus buat referensi
BalasHapuskunjungin dan follow balik blog saya ya
http://ikubarunovryan.blogspot.com/search/label/Ekonomi
makasih sob
mohon kritik dan sarannya ya :D