Kamis, 28 Februari 2013

PENGERTIAN MANAJEMEN DAN POACE



 


PENGERTIAN MANAGEMENT DAN POACE





Dibuat Oleh
Helena Sahusilawane
NIM K 111 11 626


JURUSAN BIOSTATISTIK PEMINATAN KESPRO
FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT
UNIVERSITAS HASANUDDIN


 



PENGERTIAN MANAJEMEN
Manajemen berasal dari kata "to manage" yang berarti mengatur, mengurus atau mengelola. Banyak definisi yang telah diberikan oleh para ahli terhadap istilah manajemen ini. Namun dari sekian banyak definisi tersebut ada satu yang kiranya dapat dijadikan pegangan dalam memahami manajemen tersebut, yaitu : Manajemen adalah suatu proses yang terdiri dari rangkaian kegiatan, seperti perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian/pengawasan, yang dilakukan untuk menentukan dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya.
Sedangkan pengertian menurut ahli-ahli yang lain adalah sebagai berikut :
1. Menurut Horold Koontz dan Cyril O'donnel :


  Manajemen adalah usaha untuk mencapai suatu tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain.

2. Menurut R. Terry :
   Manajemen merupakan suatu proses khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan,  pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumberdaya manusia dan sumberdaya lainnya.
3. Menurut James A.F. Stoner :
   Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian dan penggunakan sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.
4. Menurut Lawrence A. Appley :
   Manajemen adalah seni pencapaian tujuan yang dilakukan melalui usaha orang lain.
5. Menurut Drs. Oey Liang Lee :
   Manajemen adalah seni dan ilmu perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan dan pengawasan dari pada sumber daya manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

PENGERTIAN POACE
Secara umum, dunia manajemen menggunakan prinsip P.O.A.C. atau Planning, Organizing, Actuating, dan Controlling.
1.    Proses perencanaan (Planning)
Perencanaan adalah proses menetapkan sasaran atau tujuan dan tindakan yang perlu untuk mencapai tujuan(goal) tersebut.
2. Organizing (Organisasi)
Organisasi adalah: proses mempekerjakan dua orang atau lebih untuk bekerjasama dalam cara terstruktur guna mencapai sasaran specific atau beberapa sasaran dalam kata lain mengalokasikan pekerjaan, wewenang, dan sumber daya di antara anggota organisasi, sehingga mereka dapat mencapai tujuan mereka.


3.  Actuating (Pelaksanaan)
Actuating adalah proses mengarahkan dan mempengaruhi aktivitas atau memotivasi karyawan yang berkaitan dengan pekerjaan dari anggota kelompok atau seluruh organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
4. Controlling (Pengendalian)
Pengendalian adalah: suatu proses untuk memastikan bahwa aktivitas sebenarnya sesuai dengan aktivitas yang direncanakan dalam arti seorang manajer harus yakin bahwa tindakan yang dilakukan oleh anggota organisasi benar-benar menggerakkan organisasi kearah tujuan yang telah dirumuskan. Ini adalah fungsi pengendalian manajemen,dan melibatkan berbagai elemen menetapkan standar prestasi kerja, mengukur prestasi saat ini, membandingkan prestasi ini dengan standar yang telah ditetapkan dan mengambil tindakan korektif bila ada deviasi yang dideteksi.
5.   Evaluation (Pengendalian)
Evaluasi adalah tindakan yang dilakukan untuk melihat sejauh mana tujuan organisasi yang telah ditetapkan telah tercapai atau tidak, sehingga bisa dilakukan penilaian untuk dilakukan tindakan perbaikan





 


PENGERTIAN MANAGEMENT DAN POACE





Dibuat Oleh
Helena Sahusilawane
NIM K 111 11 626


JURUSAN BIOSTATISTIK PEMINATAN KESPRO
FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT
UNIVERSITAS HASANUDDIN


 



PENGERTIAN MANAJEMEN
Manajemen berasal dari kata "to manage" yang berarti mengatur, mengurus atau mengelola. Banyak definisi yang telah diberikan oleh para ahli terhadap istilah manajemen ini. Namun dari sekian banyak definisi tersebut ada satu yang kiranya dapat dijadikan pegangan dalam memahami manajemen tersebut, yaitu : Manajemen adalah suatu proses yang terdiri dari rangkaian kegiatan, seperti perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian/pengawasan, yang dilakukan untuk menentukan dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya.
Sedangkan pengertian menurut ahli-ahli yang lain adalah sebagai berikut :
1. Menurut Horold Koontz dan Cyril O'donnel :


  Manajemen adalah usaha untuk mencapai suatu tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain.

2. Menurut R. Terry :
   Manajemen merupakan suatu proses khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan,  pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumberdaya manusia dan sumberdaya lainnya.
3. Menurut James A.F. Stoner :
   Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian dan penggunakan sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.
4. Menurut Lawrence A. Appley :
   Manajemen adalah seni pencapaian tujuan yang dilakukan melalui usaha orang lain.
5. Menurut Drs. Oey Liang Lee :
   Manajemen adalah seni dan ilmu perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan dan pengawasan dari pada sumber daya manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

PENGERTIAN POACE
Secara umum, dunia manajemen menggunakan prinsip P.O.A.C. atau Planning, Organizing, Actuating, dan Controlling.
1.    Proses perencanaan (Planning)
Perencanaan adalah proses menetapkan sasaran atau tujuan dan tindakan yang perlu untuk mencapai tujuan(goal) tersebut.
2. Organizing (Organisasi)
Organisasi adalah: proses mempekerjakan dua orang atau lebih untuk bekerjasama dalam cara terstruktur guna mencapai sasaran specific atau beberapa sasaran dalam kata lain mengalokasikan pekerjaan, wewenang, dan sumber daya di antara anggota organisasi, sehingga mereka dapat mencapai tujuan mereka.


3.  Actuating (Pelaksanaan)
Actuating adalah proses mengarahkan dan mempengaruhi aktivitas atau memotivasi karyawan yang berkaitan dengan pekerjaan dari anggota kelompok atau seluruh organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
4. Controlling (Pengendalian)
Pengendalian adalah: suatu proses untuk memastikan bahwa aktivitas sebenarnya sesuai dengan aktivitas yang direncanakan dalam arti seorang manajer harus yakin bahwa tindakan yang dilakukan oleh anggota organisasi benar-benar menggerakkan organisasi kearah tujuan yang telah dirumuskan. Ini adalah fungsi pengendalian manajemen,dan melibatkan berbagai elemen menetapkan standar prestasi kerja, mengukur prestasi saat ini, membandingkan prestasi ini dengan standar yang telah ditetapkan dan mengambil tindakan korektif bila ada deviasi yang dideteksi.
5.   Evaluation (Pengendalian)
Evaluasi adalah tindakan yang dilakukan untuk melihat sejauh mana tujuan organisasi yang telah ditetapkan telah tercapai atau tidak, sehingga bisa dilakukan penilaian untuk dilakukan tindakan perbaikan



1 komentar:

  1. Makasih sob materi manajemen'a.. Bagus buat referensi
    kunjungin dan follow balik blog saya ya
    http://ikubarunovryan.blogspot.com/search/label/Ekonomi

    makasih sob
    mohon kritik dan sarannya ya :D

    BalasHapus